Selamat Datang Di Algadut Electronic Service

Problem-problem Panasonic Alfa Gold


Disini kami akan memaparkan sedikit kerusakan-kerusakan Panasonic Alfa Gold yang pernah kami alami.

>Tegangan output regulator over.
Jika ini tidak segera diatasi akan mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang lebih fatal. Kerusakan ini dapat kita ketahui dengan gejala-gejala awal sbb;
- Saat pertama tv dihidupkan tidak segera menagkap siaran, baru setelah beberapa saat normal. Hal ini disebabkan kurang stabilnya tegangan supply untuk VT tuner akibat overnya tegangan out put regulator saat pertama dihidupkan.
- Shortnya ZD pada teg Supply untuk VT tuner, jika ini terjadi maka saat tv kita onkan tv tidak mau hidup dan ada bunyi "ngiiik".
Untuk mengatasi problem regulator over ini kita harus mengganti semua elco yang nilainya 47 mikro pada rangkaian regulator. Jika elco telah kita ganti tegangan tetap over maka, cek resistor826 yang nilainya 22ohm, biasanya putus.

>Relay bunyi "ceklek-ceklek", tv tidak mau on. Kerusakan biasa terjadi pada R803 yang nilainya 470k.

>Disearching lewat, difine-tuning bisa. Cek teg pada AFT out pin 30 IC AN5192K, jika tak ada tegangan, biasanya ZDnya short.

>Jika terkena gambar yang terang(terlalu kontras) tv mati, led merah hidup. R525 putus, nilainya 22k.

>Gambar normal tidak ada suara, IC audio normal. Ini sering kali terjadi. kerusakan dioda disebelah IC audio, letaknya dipinggir PCB, ganti dengan D 4007.

>Untuk masuk kemenu servis mode: tekan V- pada tv dan Disply pada remot, untuk keluar tekan "N"(normal) pada remot.
0 Responses